Teknik Khusus untuk Menanam Sayuran Tomat

 on 23 September 2017  

Menanam sayuran tomat memang membutuhkan tambahan tenaga karena butuh penyangga agar tanaman tidak mudah patah dan layu. Untuk itu anda memerlukan teknik khusus agar dapat menanam tomat ini agar sukses.


Memiliki tanaman sayur di kebun sendiri tentu akan membuat hati puas dan gembira saat bisa memetik kemudian memasaknya sendiri. Terutama jika hasil tanam tersebut dapat dibagi kepada tetangga, saudara atau teman kantor. Selain menyenangkan orang lain, anda akan semakin disayang oleh teman dan sahabat anda. Untuk itu, anda bisa menggunakan waktu luang anda untuk melakukan proses tanam di kebun sendiri. Berikut ini penjelasannya.

  1. Beli Bibit di Toko Terpercaya
Agar menghasilkan tanaman yang berkualitas sebaiknya anda membeli bibit tomat pada toko yang terpercaya. Hal ini untuk mengurangi resiko gagal panen saat proses tanam kurang baik. Saat membeli bibit anda harus memperhatikan akar tanaman dengan jeli agar ketika dipindah pada media lain tetap memiliki akar yang kuat dan bagus.

  1. Pilih lahan yang bagus
Anda bisa menanam sayuran tomat pada lahan apa saja asal memiliki frekuensi yang bagus untuk mineral tanaman. Apabila anda tidak memiliki cukup tanah maka anda bisa membeli pasir halus sebagai pengganti tanah. Kemudian tambahkan sekam dan arang agar media tersebut menjadi lebih subur. Apabila anda ingin menanam dalam polybag tentu akan lebih bagus lagi karena dapat mengurangi rumput liar yang akan mengganggu tanaman tomat.
Menanam tanaman pada media seperti polybag memiliki keuntungan seperti terhindar dari hama tanaman yang berupa hewan dan tanaman. Polybag memiliki panas khusus sehingga membuat tanaman tetap hangat dan sehat asal tidak lupa untuk menyiramnya. Beberapa hama seperti rumput, wereng, dan hewan putih akan menjauh dari tanaman.

  1. Siapkan tongkat penyangga
Menyiapkan tongkat penyangga ini sangat penting agar tanaman tidak mudah patah dan layu. Tanaman tomat memiliki ukuran yang cukup lebar sedangkan ukuran batangnya cukup kecil. Untuk itu anda memerlukan tongkat penyangga sepanjang 50-70 centi meter yang nantinya akan ditancapkan di dekat tanaman kemudian diberi tali agar tidak mudah bergeser.
Semakin subur tanaman maka ukuran tanaman tomat semakin besar. Keberadaan tongkat penyangga ini akan sangat penting agar tanaman tomat tetap dapat berdiri kokoh dan kuat.

  1. Proses perawatan dan tanam
Apabila anda hendak menanam pada polybag sebaiknya pilih ukuran dengan diameter 35 centi meter. Ukuran ini sangat baik agar tanaman tidak kekurangan vitamin dan mineral setelah proses tanam. Tanaman yang baik akan tumbuh dengan subur apabila terdapat banyak unsur hara disekitarnya.

Bila sudah ditanam sekitar 3 minggu maka anda harus lebih rajin merawat dan memperhatikan buah tomat yang berbuah sudah matang atau belum. Jika terlalu matang di pohon maka sayuran tomat hanya akan bertahan sekitar 3 hari saja. Namun jika anda memetik ketika masih hijau maka bisa bertahan hingga 2 minggu.

Apabila anda melakukan tips di atas dengan baik maka anda akan memperoleh tanaman tomat yang sehat dan lebat. Untuk itu rajinlah merawat tanaman dengan rajin dan teliti. Apabila anda menemukan ulat atau hama lain maka sebaiknya segera semprot dengan obat pembasmi hama dengan cara disemprot. Tips ini juga dapat dipraktekan pada tanaman sayur lain seperti mentimun dan kacang panjang. Demikian tips ringan mengenai teknik khusus untuk menanam sayuran tomat.  
Teknik Khusus untuk Menanam Sayuran Tomat 4.5 5 cah pacitan 23 September 2017 Menanam   sayuran tomat   memang membutuhkan tambahan tenaga karena butuh penyangga agar tanaman tidak mudah patah dan layu. Untuk itu anda...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.