Cara Menanam Sayuran Menggunakan Polybag

 on 22 September 2017  

Cara menanam sayuran sangatlah mudah. Tidak harus di lahan perkebunan atau pertanian, Anda bisa memanfaatkan halaman rumah menjadi tempat untuk menanam sayuran. Sayuran merupakan jenis tanaman yang jika diolah memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh manusia. 



Di dalamnya terdapat berbagai kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Jarang mengonsumsi sayuran bisa membuat Anda mengalami gangguan kesehatan seperti sembelit dan lain sebagainya. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mengonsumsi sayuran setiap harinya agar tubuh tetap sehat dan dapat menjalankan fungsinya secara maksimal. 

Mengingat begitu pentingnya peran sayuran bagi tubuh manusia, menanam sayuran sendiri di rumah akan memberikan berbagai keuntungan. Anda dapat menghemat biaya pengeluaran sehari-hari karena tidak perlu membeli sayuran di luar. Dan yang terpenting Anda dapat hidup semakin sehat, karena sayuran yang Anda konsumsi aman dan terlepas dari bahan berbahaya seperti pestisida.
Menanam sayuran menggunakan polybag
Anda dapat memanfaatkan polybag untuk menanam sayuran di rumah. Dengan menggunakan polybag tanaman sayuran akan tumbuh dengan lebih rapi. Agar tidak memakan lebih banyak ruang, Anda bisa menyusunnya secara vertikal. 

Caranya cukup mudah, siapkan polybag lalu isi dengan tanah.Polybag bisa diisi penuh atau separuhnya saja. siram tanah yang sudah dimasukkan  ke dalam polybag dengan sedikit air. Masukkan bibit tanaman yang akan dimasukkan. 

Anda bisa menanam bibit cabe rawit atau bahan masakan lainnya. Pastikan polybagditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari. Jangan lupa untuk merawatnya setiap hari dengan disiram dan jika perlu diberi pupuk.

 Untuk memberikan hasil yangsemakin maksimal, Anda bisa mencampurkan tanah yang akan dimasukkan ke dalampolybag dengan pupuk kompos. Jika tidak ada pupuk kompos, Anda juga bisa memanfaatkan pupuk kandang. 

Anda juga bisa menambahkan sedikit pasir di dalamnya. perbandingan yang digunakan adalah 1:1. Penggunaan polybag akan memudahkan Anda jika suatu saat akan memindahkantanaman ke media lainnya. 

Selain digunakan untuk menanam sayuran, polybag juga bisa digunakan untuk menanam jenis tanaman bunga. Anda bisa menanam bibit bunga dipolybag terlebih dahulu, lalu setelah bibit bunga tumbuh pindahkan ke pot atau media lainnya yang diinginkan.

Merawat tanaman di polybag
Memiliki kegiatan bercocok tanam di rumah akan membuat Anda memiliki kebiasaan yang sehat bersama keluarga. Bercocok tanam juga dapat digunakan sebagai media edukasi anak. 

Anak bisa mengerti bagaimana proses tanaman tumbuh dan mengerti bagaimana cara merawat tanaman dengan baik. Dewasa ini anak-anak sangat lekat sekali dengan sesuatu yang instan. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin maju. 

Akan sangat baik mengajarkan bercocok tanam sembari mengenalkan alam pada anak. Setelah tanaman ditanam di dalam poly bag, Anda masih memiliki kewajiban lainnya yaitu untuk merawat tanaman. Karena jika tidak di rawat, tanaman bisa saja mati atau tidak tumbuh subur. 

Perawatan tanaman sebenarnya tidak terlalu rumit, Anda bisa mengerjakannya seminggu sekali pada saat weekend atau waktu senggang. Siangi tanah yang ada di dalam poly bag, jika ada gulma atau rumput-rumput kecil Anda dapat mencabutnya. 

Rumput kecil yang tumbuh di dalam polybag bisa mengganggu proses penyerapan makanan tanaman utama. Memiliki hidup yang lebih sehat dan hemat dapat dilakukan dengan cara menanam sayuran.
Cara Menanam Sayuran Menggunakan Polybag 4.5 5 cah pacitan 22 September 2017 Cara menanam sayuran sangatlah mudah. Tidak harus di lahan perkebunan atau pertanian, Anda bisa memanfaatkan halaman rumah menjadi tempat u...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.