Rutin merawat tanaman agar menghasilkan tanaman yang subur

 on 27 September 2017  

tanaman subur bisa didapatkan dengan usaha merawat tanaman secara konsisten. Memang akan cukup sulit untuk konsisten merawat tanaman di tengah kesibukan sehari-hari. Tanaman jika terus-menerus dibiarkan tanpa di rawat akan menyebabkan tanaman tersebut mati. 


Meskipun tidak semua tanaman akan mengalami hal yang sama. Karena ada beberapa tanaman yang dapat tumbuh dengan subur meskipun tidak di rawat. Namun tanaman akan tumbuh lebih baik jika dirawat dan dijaga. Bercocok tanam merupakan sebuah hal yang sangat menyenangkan. Bercocok tanam dapat digunakan sebagai media edukasi bagi anak. 

Tentunya pada saat kecil Anda mengalami hal yang sama, diajarkan bercocok tanam oleh orang tua atau guru disekolah. Mengajarkan bercocok tanam dapat membuat anak lebih menghargai alam. Alam merupakan tempat hidup dan sumber makanan bagi manusia. Sayangnya saat ini sedikit sekali orang yang memahami betapa pentingnya menjaga alam. Bahkan beberapa orang rela merusak alam demi ambisi dan kepentingan pribadi. 

Hal tersebut merupakan hal yang tidak bisa dibenarkan. Oleh karena itu, sangat penting sekali mengajarkan betapa pentingnya menjaga alam kepada anak sejak kecil.

Bercocok tanam di rumah
Rumah merupakan tempat yang paling nyaman. Segala aktivitas dapat dilakukan di rumah. Tidak terkecuali bercocok tanam. Anda bisa melakukan kegiatan bercocok tanam di rumah dengan memanfaatkan area di sekitar rumah. 

Misalnya dengan menanamsayuran segar atau buah-buahan. Tidak perlu menggunakan banyak lahan, Anda bisa memanfaatkan sebagian kecil halaman rumah Anda. Atau juga bisa mengantungkan tanaman pada pagar rumah seperti yang dilakukan banyak orang saat ini. Anda dapat menggunakan media seperti pot, polybag atau bahkan ember bekas. 

Jika ingin menggantungkan tanaman di pagar rumahdisarankan untuk memilih tanaman yang merambat. Satu hal yang perlu diingat, Anda tidak perlu menanam tanaman dengan jumlah yang terlalu banyak. Sebab dikhawatirkan hal tersebut akan membuat rumah Anda terlihat seperti hutan. Gunakan gaya minimalis ketika bercocok tanam di rumah. Untuk semakin menghemat lahan, Anda bisa menyusunpolybag vertikal ke atas. 

Jika disusun secarahorizontal tentunya akan membutuhkan lebih banyak lahan. Jenis tanaman yang ditanam pun sebaiknya jangan yang terlalu sulit perawatannya. Karena hal tersebut akan mempersulit Anda. Pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak perawatanseperti cabe atau tanaman sayuran lainnya.

Memiliki tanaman subur
Agar tanaman subur, langkah pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus memastikan tanah yang digunakan adalah tanah yang subur juga. Sebagai media dan tempat tumbuhnya tanaman, tanah memiliki peranan yang sangat penting. 

Agar tanah semakin subur, Anda bisa mencampurkan tanah dengan pupuk alami seperti pupuk kandang. Pupuk kandang sangat mudah sekali didapatkan dan tidak memerlukan banyak biaya untuk membelinya. Atau jika tidak Anda juga bisa mencampurkannya dengan pupuk kompos. Namun jika dibuat sendiri, pupuk kompos memerlukan waktu yang cukup lama karena membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. 

Alternatif yang paling mudah adalah menggunakan pupuk kandang. Setelah memastikan tanah yang digunakan adalah tanah yang subur, Anda juga harus memastikan perawatan tanaman dilakukan dengan konsisten dan rutin. Sirami tanaman setiap hari saat pagi ataupun sore. Sembari menyiram jika Anda melihat ada gulma yang tumbuh, Anda dapat mencabutnya sedikit demi sedikit. 

Jika dirawat secara rutin, Anda tidak perlu mengeluarkan energi untuk perawatan yang lebih besar pada jangka waktu tertentu. Merawat tanaman akan membuat Anda memiliki tanaman subur.
Rutin merawat tanaman agar menghasilkan tanaman yang subur 4.5 5 cah pacitan 27 September 2017 tanaman subur   bisa didapatkan dengan usaha merawat tanaman secara konsisten. Memang akan cukup sulit untuk konsisten merawat tanaman di  ...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.