Mendapat sayuran segar dengan cara menanamnya sendiri

 on 27 September 2017  

sayuran segar akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh saat dikonsumsi. Cita rasanya pun terasa lebih enak danmemanjakan lidah. Sayuran segar adalah sayuran yang baru dipetik dari kebun dan langsung dimasak pada saat itu juga. Saat ini sangat sulit sekali untuk mendapatkan sayuran segar. Bagi mereka yang tinggal di perkotaan, sayuran segar adalah sayuran yang dibeli supermarket.




Mungkin jika dilihat, sayuran tersebut masih terlihat segar karena disimpan dalam mesin pendingin. Namun sebenarnya sayuran tersebut sudah tidak segar sepenuhnya karena telah memakan waktu hingga berhati-hari setelah di panen. Sayuran segar akan didapat dengan mudah oleh mereka yang tinggal di pedesaan. 

Karena di sana masih banyak lahan pertanian dan perkebunan yang dipenuhi dengan sayuran. Jika Anda tinggal di perkotaan, tidak perlu khawatir. Karena Anda masih bisa mendapatkan sayuran segar dengan cara menanamnya sendiri di rumah.

Memanfaatkan area sekitar rumah untuk menanam sayur
Bagi Anda yang tinggal di perumahan, mungkin akan sedikit kebingungan masalah lahan yang akan digunakan ketika akan menanam sayuran sendiri. menanam sayuran tidak harus di lahan yang luas dan lebar. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketidaksediaan lahan. 

Di area rumah Anda pasti tersedia space tanah kosong, baik di belakang maupun di depan rumah. Gunakan space kosong tersebut, tidak perlu menggunakan terlalu banyak hingga sebagian besar space yang dimiliki digunakan untuk menanam sayur. Anda bisa memiliki sebuah taman sayuran kecil dengan lahan seluas 1x2 m. 

Bagaimana caranya? Menggunakan polybag yang disusun secara vertikal. Tentunya Anda harus membuat tatakannya terlebih dahulu. Tatakan bisa dibuat dari kayu atau dari besi agar lebih kuat. Jangan menggunakan polybag dengan ukuran yang terlalu besar. Karena ukuran polybagyang terlalu besar akan memakan banyak space.

 Cukup gunakan polybag dengan ukuran sedang. Misalnya Anda membuat 3 tingkat tatakan, Anda dapat menanam 3 jenis sayur secara bersamaan. Misalnya tingkat pertama digunakan untuk meletakkan polybagyang ditanami cabe rawit. Lalu tingkat kedua berisi polybag dengan sayuran tomat

Lalu tingkat ketiga digunakan untuk tanaman wortel. Karena space yang dimiliki hanya sedikit, tentunya taman sayuran yang dibuat adalah minimalis dan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Tidak perlu mementingkan masalah jumlah, selama hasil panennya cukup untuk dikonsumsi Anda sekeluarga maka itu sudah cukup.

Menghasilkan tanaman sayuran yang subur
Memiliki tanaman yang subur tentunya bisa didapatkan dengan usaha yang maksimal. Anda harus rutin merawat tanaman yang dimiliki. Treatment simpel yang harus dilakukan setiap hari adalah menyiram tanaman. Usahakan untuk menyisakan waktu 10 atau 15 menit untuk menyiram tanaman setiap hari. Bisa dilakukan pada pagi hari atau sore. 

Perawatan lanjutan seperti memberi pupuk dan mencabut gulma bisa dilakukan seminggu sekali. Sebaiknya Anda menggunakan pupuk alami seperti pupuk kompos atau pupuk kandang. Hal ini untuk menghindarkan tanaman Anda tercemarpupuk yang berasal dari bahan kimia.

 Selain itu menggunakan pupuk alami akan lebih menghemat biaya dan menghasilkan tanaman yang lebih subur. Memanfaatkan area sekitar rumah untuk menanam sayuran akan membuat rumah Anda terlihat lebih fresh. Selain sayuran Anda juga bisa menanam jenis tanaman lainnya untuk mempercantik rumah seperti tanaman bunga. Menanam sayuran sendiri akan membantu Anda lebih mudah mendapatkan sayuran segar.

Mendapat sayuran segar dengan cara menanamnya sendiri 4.5 5 cah pacitan 27 September 2017 sayuran segar   akan memberikan manfaat yang sangat baik   bagi tubuh saat dikonsumsi. Cit a rasanya pun terasa lebih enak dan memanjakan  ...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.