membuat trafo ac matic smps untuk power amplifier sendiri dengan gacun

 on 31 Mei 2020  

Asalamu alaikum wr.wb para pecinta elektro yang suka atau hobi ngotak atik barang atau hewan elektro dimanapun berada, untuk pembukaan baiknya kita sripit kopi dan nyalakan roko dulu lah biar inspirasi datang pikiran tenang.

kali ini mastri mau berbagi gimana sih caranya bikin trafo yang ringan dan setara 40 ampere bahkan bisa lebih dengan biaya yang terjangkau, di bawah 500 ribu rupiah saja bosku.. jangan kawatir jaman semakin canggih boss.

jika kalian perakit power amplifier daya besar atau power kelas lapangan lah, pasti tidak lepas yang namanya trafo, trafo ibarat jantung dari power tersebut, apabila trafo memiliki daya besar maka daya power pun juga besar dan semakin kuat, jika di hantam bass yang luar biasah akan menggetarkan semuanya yang ada di sekitarannya. tidak memalukan yang suaranya pecah seperti suara kentut. hahahahha...

( Intinya jika ingin bikin power amplifier daya besar itu inti pokonya pada pada trafo, untuk driver komponen powernya tinggal menyesuaikan,, karena jika komponen power menggunakan yang abal-abal besar kemungkinan tidak kuat menahan arus dan tegangan dan ujungnya jebol )

apa saja yang di butuhkan untuk membuat trafo 40 ampere dengan biaya kurang dari 500 ribu?

Supply tegangan PLN 
Untuk suply tegangan pln cukup menggunakan 4 dioda tegangan tinggi seperti IN4007 Dan elco 450uf 400v, untuk lebih aman bisa menggunakan NTC.

GACUN TV 29 INCI
Bisa beli kurang lebih harga 30 ribu. Untuk gacun bisa di ganti fet yang berkualitas tahan banting tahan panas, pokoknya ganti dengan IRFP460.

Trafo ferit 
Bisa copot bekas TV Rusak. tapi gulung ulang lilitannya menggunakan email uluran 1 mm, butuh 2 ons cukup, 1 ons kurang lebih harga 30 ribu.

ELCO 470uf 200V dan DIODA ULTRAFAST mur2020
Dioda mur2020 kisaran harga 20ribu per biji. kia membutuhkan 2 buah dioda dan membutuhkan 4 buah elco.


CARA MERAKIT DENGAN BENAR

SUPPLY IN
pada bagian supply in membutuhkan 4 buah dioda IN4007 dan 1 buah elco 450uf 400v dengan tambahan 1 buah NTC, untuk rangkaian lihan skema di atas bagian supply in.

GACUN
pada bagian gacun ada 3 buah kabel ya itu merah, hitam dan biru. yang kita gunakan hanya 2 kabel saja yaitu kabel hitam dan merah, untuk kabel biru di copot saja. danmosfet ganti dengan IRFP460.

FERIT.
pada bagian ferit inilah yang paling kita utamakan karena kita manual menggulung lilitan sendiri, pakailah ferit yang menggunakan GAP atau rongga antara E dan E. perhatikan bagian SNUBER, Kapasitor snuber wajib di pasang karena jika tidak di pasang gacun langsung terbakar.

untuk cara melilitnya ada 3 bagian yaitu primer awal, sekunder, primer akhir. jadi lilitan sekunder di tengah tengah lilitan primer, dan jangan sampai terbalik saat memasang gacun, lilitan primer awal langsung terhubung dengan kabel gacun warna merah, primer akhir sambung langsung dengan listrik positif  seperti skema di atas., hal ini sering terjadi kenapa rakitan saya tegangan tidak keluar atau langsung drop tanpa beban itu penyebabnya terbalik pemasangannya, atau rangkaian saya sering terbakar itu penyebabnya tidak pakai snuber atau nilai kapasitor snuber tidak sesuai.

untuk jumlah lilitan yaitu:
primer awal: 20 gulung.
sekunder : 20 gulung.
primer akhir: 20 gulung.
jadi primer berjumlah 40 gulung. dan sekunder 20 gulung.

SUPPLY OUT.
perhatikan pada supply out kita wajib mrnggunakan dioda fast yaitu mur2020, dan elko tidak usah menggunakan ukuran besar cukup menggunakan 460uf 200v.
      
membuat trafo ac matic smps untuk power amplifier sendiri dengan gacun 4.5 5 cah pacitan 31 Mei 2020 Asalamu alaikum wr.wb para pecinta elektro yang suka atau hobi ngotak atik barang atau hewan elektro dimanapun berada, untuk pembukaan b...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

1 komentar:

  1. Terlalu singkat sehingga nggak bisa jadi acuan bikin trafo,, itu untuk berapa vol outnya

    BalasHapus

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.