Cara merakit radio tuner fm untuk kamar tidur

 on 08 Juli 2015  

    Bagi siapa yang kreatif dalam elektronik, untuk membuat audio yang gunakan untuk di pasang di kamar pasti mencari cara untuk membuat (bagi pemula), nah untuk audio kamar tidak membutuhkan power besar tapi tergantung selera ya, kalau saya sendiri menggunakan power mini ampli aja sudah cukup, menurut saya dengan radio kan kita tidak akan bosan dengan lagu yang di putar dari operator radio beda dengan musik lagu yang kita simpan di memori, hardisk dan lain-lain, kita akan cepat bosan dengan lagu yang itu itu saja, dengan radio kita akan terhibur dari acara yang di sajikan dari operator, selain itu kita juga bisa mendengar berita dari radio, bisa riquest lagu, bisa kirim salam lewat radio dan lain lain,maka dari itu jangan mengangap bahwa radio itu adalah sesuatu yang jadul, melainkan radio itu akan banyak manfaat dari lagu yang kita simpan dengan suara itu itu saja, selain itu kita juga akan terhibur dengan adanya radio.

    Di kamar saya sendiri juga ada radio buatan saya sendiri, sampai sampai radio di kamar saya tidak pernah off karena saya tidak pernah mematikan radio saat saya pergi, dan radio sampai saat ini radionya mesih on, sambil menulis blog sambil mendengarkan radio, radio rakitan saya umurnya sudah lumayan lama sekitar tahun 2014 merakitnya dan radio tersebut jarang di matikan sampai sekarang masih awet, saya menghidupkan radio sudah hampir satu bulan on terus sampai sekarang.

    Dari pengertian di atas maka di sini saya akan berbagi tentang cara pembuatan tuner fm untuk hiburan/ musik pembawa tidur, bagi pemula, membuat radio tidaklah sesulit dengan apa yang kita pikirkan, kita hanya membutuhkan beberapa perangkat saja, nah di sini kita bahas pembuatan radio dengan power amplifier 20 watt saja, langsung saja ke pembahasan,

Apa saja yang di butuhkan untuk merakit radio?
 
 Untuk merakit radio kita butuhkan komponen sebagai berikut:
-trafo 2ampere
-power supply
-tuner fm
-power amplifier 20 watt
-speaker 8 inci

Dari komponen tersebut tdak bisa di gunakan sebelum kita rangkai menjadi satu, untuk merangkainya lihat gambar sebagai berikut.

-Langkah pertama sambung sambuang
kabel colokan listrik dari trafo.


-Langkah kedua,
15v travo=>ac powersupply  
ct trafo=>ground power supply


-Langkah tiga, sambung kabel
ground power supply=>ground power
12v power supply=>12v power ampli

-Langkah empat, sambung kabel  
12v power=>12v tuner,  
input power=>output tuner, 
ground power=> ground tuner

-Langkah lima sambung kabel
ant tuner=>antena


-Langkah enam sambung kabel
spk power=>sepeaker

    Demikianlah caranya membuat radio tuner fm dan selamat mencoba
Cara merakit radio tuner fm untuk kamar tidur 4.5 5 Unknown 08 Juli 2015     Bagi siapa yang kreatif dalam elektronik, untuk membuat audio yang gunakan untuk di pasang di kamar pasti mencari cara untuk membuat (ba...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.