Cara merombak mesin CB GL dan sejenisnya agar lebih kencang enteng dan bertenaga

 on 13 September 2017  

Beberapa aksesoris mesin yang harus diganti agar lebih kencang kuat dan enteng tarikannya pada motor CB GL dan sejenisnya perlu diganti dan dirombak dalamannya khusus pecinta CB klasik juga pecinta motor yang bermesin GL CB dan sejenisnya ber versi lawas.



Merombak mesin dari silinder atas sampai ke bagian gigi transmisi nya, dan bagian terpenting yang harus diganti atau dimodifikasi dan bagian mesin yang tidak penting untuk diganti pada motor CB dan GL versi lawas. Ada dua bagian memodifikasi mesin yaitu perputaran gir dan menambah tenaga.

Modif untuk menambah tenaga.
Yang terutama yang harus dimodifikasi adalah bagian silinder antara lain

klep (katup)
Modif klep membuat lubang out dan in lebih besar bertujuan agar pembuangan dan masuk lebih leluasa, jadi mesin akan lebih banyak pembuangan dan bahan bakar masuk juga lebih banyak, untuk aksesoris klep cocok menggunakan klep punya tiger yang berukuran lebih besar.

seker (piston)
Modif bagian seker merubah lebih besar bertujuan agar kompresi pembakaran lebih besar dan otomatis tenaga yang di hasilkan juga lebih besar.

bandul (kruk as)
Memodifikasi bagian bandul ini yaitu menggeser stang seher lebih ke luar umum di katakan yaitu stroke karena standar GL CB yaitu 49,5mm. hal ini sama di ibaratkan seperti memutar kunci menggunakan lengan pendek dan lengan panjang, mana yang lebih ringan? Pasti lebih ringan yang menggunakan kunci berlengan panjang. Modif bagian ini serahkan kepada bengkel bubut yang profesional, atau bisa mengganti punya standar tiger yang  mempunyai langkah 62,2mm. Untuk stroke yang lebih rapih baca Stroke tanpa ganjal.

tujuannya yaitu agar mesin lebih bertenaga lagi karena Perputaran yang cepat sama dengan mempunyai beban berat, otomatis mesin juga membutuhkan tenaga yang lebih besar, apabila hal ini tidak dilakukan dan hanya memodifikasi bagian rasio atau perputaran  gear, maka yang terjadi mesin akan jadi lembek bukannya motor tambah kencang.

Modif bagian perputaran ger.
Modif bagian ini bertujuan agar perputaran lebih kencang, yang perlu di modif antara lain

Gigi ransel/kampas kopling
Gigi ransel ini adalah gigi yang menghubungkan antara kruk as dengan tranmisi/gigi. Standar GL dan CB lawas ya itu 18 gigi primer dan 73 gigi sekunder, lebih cepat perputaran megapro/GL neotech yang terdiri gigi primer jumlah 21 dan sekunder 71 gigi, atau punya tiger yang mempunyai 22 sekunder dan 68 sekunder, jadi napas motor lebih panjang.

 transmisi atau rasio
Ger rasio juga perlu di ganti, tapi tidak di ganti juga tidak masalah, karena punya CB sudah lumayan, beda dengan GL max lawas, atau jika ingin mengganti rasio punya tiger yang mempunyai 6 speed dan ukuran gigi ke 6 ya itu 27/22.

 gear depan belakang
Gir depan dan gir pada ban ini yang paling mudah, tidak perlu membonglar mesin apabila mau menggantinya, gir luar ini cukup sesuaikan saja, apabila mesin masih mempunyai tenaga yang berlebihan besarkan gir depan atau kecilkan ger belakang, dan sebaliknya..

Baca juga Jenis pelumas yang oke untuk motormu

Perubahan pada ger ger ini untuk menyeimbangkan antara tenaga mesin dan perputaran. apabila modifikasi pada bagian ini tidak dilakukan dan hanya melakukan modifikasi bagian silinder atau pembakaran maka yang terjadi tidak akan menambah motor jadi kencang malah motor mengeluarkan getar yang berlebihan atau motor terlalu kuat.
Cara merombak mesin CB GL dan sejenisnya agar lebih kencang enteng dan bertenaga 4.5 5 cah pacitan 13 September 2017 Beberapa aksesoris mesin yang harus diganti agar lebih kencang kuat dan enteng tarikannya pada motor CB GL dan sejenisnya perlu diganti dan ...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

1 komentar:

  1. Pacitan bengkel yang bisa garap mesin gl 100 agar lebih enteng dimana mas. Misal di buat standart porting buat harian gitu

    BalasHapus

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.