mengatasi masalah audio sound system

 on 24 April 2016  

menganalisa sound system yang bassnya hilang saat digunakan di lapangan hal ini sering terjadi pada sound system rangkaian sendiri memang kekurangan banyak terjadi pada sound system rakitan sendiri kekurangan dari sound system rakitan sendiri antara lain bass hilang di tengah lapangan, ada suara dengung, suara pecah saat volume tinggi, suaranya loyo, atau tidak terdengar lantang,  ada banyak mitos sound system rakitan jauh lebih bagus daripada sound system built up. Menurut saya itu semua hanya mitos, sound system rakitan bagus itu tergantung yang merakitnya.,
Sepandai apapun orang itu bisa merakit sound system pasti ada saja kekurangan dalam rakitannya tersebut tidak seperti yang diharapkan oleh si perakit.
Sound system akan bagus jika semua aksesoris yang dipasangnya ideal.
Apa yang dimaksud dengan ideal??


ideal adalah aksesoris satu dengan aksesoris yang lain berukuran  seperti ukuran yang telah ditetapkan Seperti contohnya power dengan ukuran 500watt membunyikan speaker dengan ukuran 1000 watt itu akan berakibat aksesoris tidak bekerja dengan maksimal karena aksesoris satu dengan aksesoris yang lain tidak seimbang Jadi kalau anda ingin mengaplikasikan sesuatu harus diukur dulu sesuai ukuran yang telah ditetapkan agar perangkat satu dengan yang lain itu seimbang.
 
Bass hilang di tengah lapangan suara loyo dan pecah
hal ini sering terjadi pada power rakitan misalnya kita mengaplikasikan sound system didaerah room Perumahan atau di dalam ruangan dan hasilnya memuaskan tetapi pada saat di aplikasi kan di tengah lapangan Apa yang terjadi  bassnya hilang tidak nendang  keluhan lain yang mungkin tidak memuaskan, ini terjadi terdapat berbagai penyebab mungkin dari box speaker atau aksesoris yang lain,
  • Box speaker
Apa yang terjadi pada box speaker anda?? nah untuk box speaker gunakan box yang yang dipasang di speaker bagian subwoofer anda Pastikan dulu box speaker Anda rapat  atau tidak renggang. Kasus ini sering terjadi dan akan berdampak pada bass yang hilang dan suara tidak lantang dan tidak terdengar dari jauh,  jika hal ini benar terjadi maka solusinya benahi dulu box speaker Anda agar tidak renggang Pada sambungan kayu yang berada di box speaker anda. Tambal dengan menggunakan lem kayu dicampur dengan bubuk serbuk gergaji kayu yang telah dicampur sampai box benar benar rapat.
  • Sumber arus listrik.   
Sumber listrik juga sangat berpengaruh terhadap sound system, ini sudah umum pada power sound membutuhkan voltase 220 volt 50-60 hz, dan pada power amplifier juga membutuhkan arus listrik yang ideal,jika anda membunyikan 4 buah power masing-masing 2000 watt maka perhitungannya 2000x4=8000, jadi watt seluruh power amplifier anda adalah 8000 watt, berapa arus yang di butuhkan untuk 4 buah amplifier tersebut?  jawaban terbaik adalah satu setengah nya watt power tersebut, maka minimal yang di butuhkan adalah 12.000 watt dari disel atau genset anda.
  • Watt power kurang.
Daya power yang diberikan kepada speaker kurang hal ini juga sangat berpengaruh kepada bass yang dikeluarkan pada saat di tengah lapangan. kasus ini sudah saya bicarakan seperti diatas bahwa watt power tidak seimbang dengan watt speaker., Untuk itu bagaimana cara kita agar tahu apakah sudah ideal apa belum untuk mengetahuinya dengan kasap mata cukup mudah, Apakah speaker anda bergerak maju mundur saat bass dihentakkan?? Jika speaker anda tidak bergerak saat  bass di hentakkan maka daya power anda kurang. Jangan menganggap tulisan  pada driver  power amplifier Anda dijadikan patokan. Jika memang benar power anda dayanya kurang biasanya yang terjadi bass tidak akan maksimal dan jika low di tambah yang terjadi malah suaranya pecah.
  • lokasi speaker
pada saat pemasangan, penataan speaker tentunya sangat penting untuk memilih lokasi dan arah speaker yang tepat, kita harus tau bagaimana cara memilih lokasi yang tepat saat penataan speaker agar suara tetap jelas, dan terdengar dari jauh, carilah tempat yang terbuka dan harus tau arah angin, jangan sampai anda menaruh sepeaker berlawanan dengan arah angin, hal ini mungkin tidak ada pengaruh terhadap lokasi dimana speaker di temppatkan, tetapi ini akan berpengatuh jika suara di dengar dari jauh.

mengatasi masalah audio sound system 4.5 5 cah pacitan 24 April 2016 menganalisa sound system yang bassnya hilang saat digunakan di lapangan hal ini sering terjadi pada sound system rangkaian sendiri memang...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

2 komentar:

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.