TV cina mati standby, hidup 1 detik mati lagi

 on 30 April 2016  

Halo sahabat elektronik Mania semua ini saya akan berbagi pengalaman tentang service TV yang mati setelah dihidupkan selama 1 detik.


  • Cek bagian Horizontal.

Pertama-tama saya Sempat berpikir bahwa yang mati adalah transistor pada horizontal dan saya sudah yakin itu yang mati adalah bagian transistor Horizontal, Lalu saya copot transistor tersebut dan saya tes menggunakan avometer ternyata transistor tersebut masih bagus,saya sempat bingung bagian mana yang bermasalah pada TV ini sambil mengembalikan lagi transistor yang sudah saya copot tadi.. GAGAL.

  • Cek bagian power supply.

 yang kedua saya cek bagian power supply pada TV, saya putus jalur tegangan yang mengarah ke berbagai komponen dan saya jumper di bagian panel on-off optocoupler. lalu saya hidupkan dan setelah saya hidupkan dengan mencolokan tester pada masing-masing tegangan ya itu 115 volt, dan yang lainnya, Ternyata tidak ada yang drop dan semuanya Masih normal saya malah tambah bingung bagian apa sih yang sebenarnya bermasalah, dalam pikirku sambil mengembalikan komponen yang saya copot ke seperti semula.. GAGAL.

  • Bagian ic program.

 Saya sempat curiga yang mati adalah programnya tetapi saya berpikir lagi sambil menyalakan asap penenang pikiran dan menyripit secangkir kopi lalu saya berpikir lagi bertanya di pikrian saya  Mengapa kalau yang mati adalah IC programnya diremote on off kok masih bisa?? hidup 1 detik lalu mati lagi. daripada mengganti isi program yang nantinya masih panggah tidak bisa lebih baik berpikir dulu sebelum bertindak.. TIDAK JADI.. 

  • Bagian ic EEPROM.

akhirnya saya mempunyai ide, bertanya kepada teman saya yang sudah profesional dalam menservis TV saya cari nomor HP di handphone dan saya langsung saja SMS dia mengenai permasalahan dari TV ini, sambil nyantai saya minum kopi terlebih dahulu menanti jawaban dari teman saya, Setelah kurang lebih 5 menit kemudian ada SMS datang cari teman saya yang saya SMS tadi dan katanya permasalahan tersebut pada IC eeprom .. Apa itu IC eeprom  ? IC eeprom adalah IC yang di gunakan sebagai memori untuk menyimpan program-program settingan dari TV tersebut. setelah itu saya meluncur ke toko elektronik untuk membeli IC eeprom yang yang berseri 24C08 dan harganya Rp5.000 saya langsung membawanya pulang lalu memasangnya di pada televisi tersebut dan setelah saya coba hasilnya pun nyala dengan normal. BERHASIL.


ucap syukur alhamdulillah semua masalah teratasi yang tadinya pusing untuk itu sobat sobat elektronik Mania jangan pernah menyerah dalam semua hal yang kita pelajari ada masalah pasti ada jalan keluarnya jangan menyerah Jika ada masalah jangan dan jangan bikin ulah jika tidak mau bermasalah Sekian dulu sedikit pengalaman yang telah saya alami semoga bermanfaat terima kasih
TV cina mati standby, hidup 1 detik mati lagi 4.5 5 cah pacitan 30 April 2016 Halo sahabat elektronik Mania semua ini saya akan berbagi pengalaman tentang service TV yang mati setelah dihidupkan selama 1 detik. ...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

2 komentar:

  1. Ic eeprom tv niko sprti apa om bisa minta fotonya

    BalasHapus
  2. Om udah ganti eprom masih gagal apanya om? Mesin baru pake setengah bulan

    BalasHapus

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.