cara mengatasi transistor final mudah dan sering terbakar

 on 27 April 2016  

Yang sudah pernah merakit power amplifier senfiri pasti sudah pernah mengalami kerugian karena transistor final pada power kita sering terbakar, hal ini sangat menjengkelkan karena uang kita habis hanya untuk membeli barang tersebut. atau mungkin hal ini terjadi karena kecerobohan kita sendiri pada saat penyambungan kabel salah, atau hal yang lain saat pemodifan driver kita salah. untuk mengatasinya agar jin dari transistor final kita tidak keluar.



Driver anda.
Driver adalah hal yang sangat menjengkelkan karena jika driver kita tidak berada dalam posisi normal maka yang akan jadi sasaran utama adalah transistor final kita, untuk mengatasinya kita uji coba dulu driver ini apakah normal atau tidak, copot semua transistor dalam driver ini dan test menggunakan avo meter, jika ada komponen yang tidak normal, segera ganti dengan komponen yang masihbagus, dan cara mengujinya yaitu gunakan driver ini, sambung dengan menggunakan voltase kecil misalnya 15 volt dari travo dan sambunglah speaker tanpa menggunakan transistor final, apakah suaranya jernih atau tidak.

Dari bias basis
Ukurlah bias basis menggunakan avometer, cara mengukurnya yaitu putarlah avometer ke AC 10 volt, berilah tegangan pada driver anda tanpa menggunakan transistor final, pastikan potensio volume tepat pada 0, tempelkan jarum merah dan hitam ke pada jalur basis TIP kanan dan kiri, avometer harus menunjukan arah 0, jadi bias tidak ada tegangan sama sekali jika suara tepat pada 0.
 
Transistor final
 Apakah anda menggunakan transistor murah? maksudnya murah adalah transistor final tidak berkualitas dalam jumlah yang banyak?? misalnya menggunakan jengkolan yang harganya hanya 5 ribuan tetapi dalam jumlah banyak misalnya 8 set dan memasangnya menggunakan voltase tinggi seperti 45 volt dari trafo.. hmm mungkin itu yang mengakibatkan kehancuran.. saran saya menggunakan transistor final yang berkualitas bagus tetapi dalam jumlah sedikit saja, misalnya mosfet toshoba sc5200 dan sa1943 sebanyak 1 set saja.. itu akan lebih awet dan suaranya tiidak kalah dengan yang murah tapi banyaak...

Pendingin.
apakah pendingin anda tidak rata ? hal ini juga menyebabkan transistor final anda mudah terbakar karena hal sepele seperti ini, jika pendingin tidak rata maka transistor anda mudah panas karena tidak menempel kepada pendingin, hal ini terjadi karena ada rongga di antara pendingin dan transistor karena ada hal yang mengganjal, tetapi jangan lupa memakai isolator mika yang masih bagus.

cara mengatasi transistor final mudah dan sering terbakar 4.5 5 cah pacitan 27 April 2016 Yang sudah pernah merakit power amplifier senfiri pasti sudah pernah mengalami kerugian karena transistor final pada power kita sering terba...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

9 komentar:

  1. toshiba 5200 dan pasangnya bukan mosfet mas tapi bjt

    BalasHapus
  2. Mas ...saya mau tanya..
    Apakah bisa heatsink dipisahkan dari pcb speaker aktif dan apa untung ruginya mas

    BalasHapus
  3. Mas aq buat power yirosi tr driver 3tingkat. Sudah jadi Tapi kok tak kasih toshiba 2 set final nya cepat panas ya. Padahal uji cobaku cuma pke dt ct 18vol.

    BalasHapus
  4. Ternyata saya banyak belajar dari komen, tanks... maju terus

    BalasHapus
  5. Mas 10 volt AC di avometer emang ada ya?...itu pke avometer apa ya mas?

    BalasHapus
  6. Apakah pengetesan yg di sesi "Driver Anda" berlaku utk semua jenis driver. Semisal socl 504 dst, Yitoshi semua type, driver keluaran Bell dll dsbgnya...?

    BalasHapus
  7. Cara mengatasi ada teganan pada kaki basis drivernya gimana ya mass

    BalasHapus
  8. Driver yirosy punya saya uji coba gk sampe 2 jam jebol trus apa penyebab y yh🤦‍♀

    BalasHapus

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.