Biaya untuk merakit power amplifier di rumah sendiri

 on 27 April 2016  

Bagi yang suak utak atik elektro, agar punya power amplifier di rumah sendiri pastinya lebih suka merakit sendiri dari pada membeli rangkaian power jadi siap pasang, dan tentunya harganya lebih mahal di banding power amplifier rakitan sendiri, seperti saya, saya lebih suka merakit power sendiri dari pada membeli power jadi, Banyak teman-teman dari saya yang bertanya, Berapa uang yang harus saya keluarkan untuk membuat ampli di rumah saya?? hmm jawabannya  tidak cukup dengan satu kata. melainkan harus di rinci dulu, dan aksesoris apa saja yang mau di gunakan?? misalnya tone control, equalizer, giga bass dan lain-lain. untuk power yang uto-uto alias asal bunyi tetapi watt power cukup lumayan kita membutuhkan alat sebagai berikut.
  • Trafo, elco, dioda.
Untuk trafo yang kita gunakan untuk merakit power di dalam rumah kita hanya perlu menggunakan trafo jangan terlalu besar, kok seperti sound system saja yang menggunakan trafo ekstra besar. biar harganya lumayan murah kita gunakan trafo 5 ampere saja yang harganya sekitar Rp.70.000. dan kita gunakan 2 buah Elco ukuran 4500 mikro farad harga sekitar Rp.5000 per biji, dan 4 buah dioda 6 ampere harga sekitar Rp.1000 per biji,  jadi harganya total untuk trafo, dioda dan elco sekitar 70.000+10.000+4000= Rp.84.000.

  • Driver power
Untuk power amplifier dalam rumah juga saya sarankan menggunakan Driver yang murah saja,daerah saya yang murah cukup gunakan driver power 150 watt saja yang sudah di lengkapi jengkolan. untuk driver yang sudah di lengkapi dengan jengkolan harganya sekitar Rp.35.000 untuk yang Mono, untuk driver yang stereo harganya sekitar Rp.55.000, tetapi untuk yang stereo pastinya anda harus mempunyai 2 buah speaker untuk kanan dan kiri. dan jika anda tidak menggunakan tone control atau aksesoris lainnya cukup menggunakan potensio meter saja untuk mengatur volume..

  • Speker
Speaker yang sangat umum dan faforit sekarang ini adalah speaker ukuran 12 inci, untuk power dalam rumah saya sarankan jangan menggunakan merk yang terlalu bagus, kalau kamar saya saja cukup menggunakan 12 inci merek canon seharga Rp.80.000 dan tweeter seharga 10.000. kalau anda bisa membuat bok speaker sendiri agak ngirit biaya karena untuk 1 bok isi 1 speaker ukuran 12 inci sekitar Rp.80.000, saya sarankan kalau anda mempunyai 2 buah speaker, kalau mau beli bok speaker yang isi 1 aja, tetapi belinya 2 buah bok,. karena nantinya untuk di pasang kanan dan kiri.
  •   Box power
Untuk bok power tidak usah beli karena bok power harganya lumayan mahal. saya sarankan saja untuk membuat sendiri dari kayu atau dari beks bok vcd player jaman dulu yang bentuknya agak besar, bagi yang kreatif mungkin akan mengurangi biaya pembuatan power.

Kesimpulan:
Untuk power Mono:
Trafo, elco dan dioda= Rp.84.000
driver MONO: Rp.35.000.
potensio mono=Rp2500. 
Speaker 12 inci= Rp.80.000
bok speaker=80.000
total: 84+35+2,5+80+80=Rp281.500

Untuk power stereo:
Trafo, elco dan dioda= Rp.84.000
driver STEREO: Rp.55.000.
potensio mono=Rp5000. 
Speaker 12 inci 2 biji=Rp.160.000
bok speaker=Rp.160.000
total: 84+55+5+160+160= Rp464.000
Biaya untuk merakit power amplifier di rumah sendiri 4.5 5 cah pacitan 27 April 2016 Bagi yang suak utak atik elektro, agar punya power amplifier di rumah sendiri pastinya lebih suka merakit sendiri dari pada membeli rangka...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

2 komentar:

  1. tolong skema nya boss ngamal nya sekalian jangan tanggung... hehehe... nawar nich....

    BalasHapus
  2. Mas .. ane punya speaker 18 inci subwoofer sebanyak 8 buah (1000 perspeaker). 4 buah dikiri (paralel 2 box dan 4 buah dikanan (paralel 2 box). baiknya pake power apa dan tipe berapa.. kalo soundstandar ca brapa.. mksih

    BalasHapus

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.